Sukses dalam Tes

0
Saat guru kamu membagikan soal tes adalah hal yang wajar kalau kamu merasa degdegan, gugup, bahkan mules-mules. Memang, pada saat yang menegangkan, mekanisme antistres kamu bekerja sehingga menimbulkan reaksi seperti itu. Sekali lagi, jangan panik. Kendalikan emosimu dengan langkah-langkah berikut.

  • Pastikan kamu sudah belajar dengan baik. Kalau yakin dengan penguasaanmu terhadap materi pelajaran, kamu enggak punya sepotong alasan pun untuk khawatir.
  • Tidur cukup semalam sebelum tes. Ingatanmu akan selalu segar jika cukup istirahat. Apalagi, pada pelajaran ilmu pasti seperti Matematika. Kamu akan lebih gampang menjawab soal kalau otak dalam keadaan segar.
  • Dengarkan dengan baik perintah-perintah. Saat guru membagikan soal tes, pastikan kamu memahami apa yang diperintahkan kepadamu.
  • Baca seluruh soal. Begitu menerima soal tes, baca keseluruhan soal secara sekilas, perhitungkan berapa lama kamu membutuhkan waktu untuk mengerjakan semua soal. Hal ini akan membantumu memperkirakan berapa waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing soal. Jika ada sesuatu yang enggak kamu mengerti pada soal tersebut, jangan panik, tanyakan pada gurumu.
  • Fokuslah menjawab pertanyaan. Jika dalam tes ada soal yang tidak dapat kamu jawab, jangan terpaku pada soal itu. Jawab saja sedapatmu, atau loncati pertanyan itu. Jawab dulu soal yang lain, lalu kembali lagi ke soal yang sulit tadi setelah semua soal kamu selesaikan.
  • Santai. Jika kamu terlalu nervous sehingga semua jadi “gelap”, santailah. Buat diri kamu rileks dengan membuat gerakan-gerakan kecil seperti membetot jari-jari tangan atau meregangkan otot-otot betismu. Dapat juga dengan cara menarik napas dalam-dalam sebanyak empat atau lima kali, atau gambar dirimu sendiri yang sedang berjemur di tempat yang tenang. Cara tersebut akan membantu mengusir ketegangan. Situasi ini sama dengan saat lupa password e-mail karena kamu lagi tegang. Begitu kamu rileks, enggak panik, password itu teringat lagi.
  • Sudah selesai? Jangan langsung keluar begitu selesai menjawab soal. Sisakan sedikit waktu untuk mengecek jawabanmu sebelum meninggalkan kelas. Jika perlu, kamu dapat menambahkan lagi detail pada jawaban-jawabanmu. Sebaliknya, jika sisa waktu tinggal lima menit, tetapi kamu masih belum juga selesai menjawab soal, jangan panik. Tetap saja tulis saja jawabanmu sampai waktu benar-benar habis.




Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*