Cara Jitu Mencatat Pelajaran

0
Membuat catatan yang baik memang membutuhkan sedikit waktu dan tenaga untuk mengorganisasikannya. Namun, dari sinilah awal kesuksesanmu. Ini adalah investasimu untuk masa depan. Makanya, sisihkan sedikit waktu untuk itu. Korbankan sedikit waktu yang biasanya kamu gunakan untuk menonton TV, chatting, atau ngobrol.

Membuat catatan dengan baik akan memberikan kemudahan bagi otakmu untuk menyerap materi pelajaran. Manfaatnya, selain sukses dalam studi, kamu juga terlihat smart dalam pergaulan. Soalnya, tanpa kamu sadari, kamu selalu nyambung dengan segala topik yang dibicarakan.

Berikut ini adalah beberapa tips mencatat pelajaran yang efektif.

Catat Poin Terpenting
Setiap guru memiliki cara yang berbeda-beda dalam menerangkan pelajaran. Ada guru yang menerangkan pelajarannya sambil menuliskannya dengan rapi di papan tulis. Untuk jenis yang ini, kamu tinggal menyalinnya ke buku tulis.

Ada guru yang menjelaskan banyak tanggal-tanggal dan fakta-fakta, tetapi hanya menuliskan hal yang paling penting saja di papan tulis. Catat segera apa yang dituliskannya itu, lalu dengarkan kembali penjelasannya.

Ada juga guru yang enggak menuliskan apa pun di papan tulis, tetapi mereka mengulangi beberapa tanggal atau informasi. Catat itu! Setiap hal yang diucapkan berulang-ulang itu, pertanda bahwa itu sesuatu yang penting.

Seperti apa pun gaya mengajar gurumu, santai saja. Catat poin-poin terpenting dari penjelasan mereka, maka kamu enggak pernah kewalahan dalam menyerap pelajaran yang diberikan.

Jangan Terlalu Sibuk Mencatat
Kamu akan kerepotan kalau mencoba mencatat setiap kata yang diucapkan oleh gurumu ketika mengajar. Jika kamu terlalu fokus untuk mencatat dengan benar, kamu mungkin justru akan kehilangan banyak informasi penting. Lebih baik, simak dengan baik penjelasan gurumu. Catat poin-poin yang penting saja. Setelah pelajaran selesai, ulangi kembali materi yang diajarkan tadi.

Tanyakan
Jangan segan meminta guru untuk mengulang sesuatu yang kamu enggak ngerti. Jika guru mengajar terlalu cepat, mintalah untuk memaparkan kembali dengan lebih lambat. Catat segera!
Jika kamu enggak ingin bertanya di dalam kelas, temui gurumu setelah pelajaran selesai. Tanyakan hal yang belum jelas dan catat penjelasannya dengan baik.

Bandingkan
Bandingkan apa yang kamu catat dengan buku pegangan sekolah atau buku lain yang berkaitan. Kamu mungkin perlu menambahkan catatanmu dengan informasi lain yang terdapat di buku yang kamu baca itu.

Kamu dapat juga membandingkan catatanmu dengan catatan temanmu. Selain akan menghindarkan kamu dari kesalahan mencatat, cara ini akan membantumu mengingat pelajaran yang diterangkan. Tentu saja, hal ini sangat berguna saat kamu menghadapi tes nanti.

Catat Ulang
Di sekolah, mungkin saja kamu mencatat dengan tergesa-gesa sehingga ada kata yang enggak jelas atau ada tulisan yang sulit dibaca. Sebaiknya, catat ulang semua catatan yang kamu buat di sekolah ke dalam buku catatan khusus masing-masing pelajaran. Sedapat mungkin, catat ulang hari itu juga.
Selain membuat catatanmu rapi sehingga nyaman membacanya, mencatat ulang juga membuat pelajaran yang dipaparkan guru terekam dengan kuat dalam ingatanmu. Semakin rajin kamu mencatat ulang setiap pelajaran, semakin mudah kamu menghadapi tes/ujian.

Organisasikan
Supaya enggak repot membawa banyak buku catatan, catat semua pelajaran pada satu buku catatan. Setiba di rumah, salin kembali masing-masing catatan tersebut ke dalam buku-buku khusus. Hal ini akan memudahkanmu saat mempelajarinya kembali untuk menghadapi tes atau untuk mengerjakan tugas.


Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*