Kamarmu, Masa Depanmu

0
Untuk dapat belajar dengan baik, kamu membutuhkan sebuah kamar yang nyaman. Kamar itu enggak harus mewah, yang penting bersih dan tenang untuk menjaga dirimu selalu fokus pada pelajaran yang kamu hadapi. Tempat khusus itu akan membantumu untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah (pe-er). Saat kamu duduk, pikiran kamu langsung tahu bahwa kamu di sana untuk belajar. Hal ini akan membantu untuk memusatkan pedapat dan membantu fokus lebih cepat.

Kamar tidurmu, kamar belajar, atau ruangan lain tempat kamu dapat menghindarkan diri dari keributan dan gangguan adalah sebuah tempat yang ideal untuk fokus. Hal ini adalah cara terbaik untuk belajar pada sebuah meja atau kursi tempat kamu dapat membentangkan buku-buku pelajaran sekolah yang tengah kamu kerjakan. Kamu akan membutuhkan juga sebuah kursi yang nyama: yang harus mendukung pinggang dan punggung, dan membantu kamu untuk menjaga kedua kakimu berada di lantai di depanmu. Untuk membuat matamu enggak gampang lelah saat belajar, pastikan penerangan yang cukup untuk belajar.

Perlengkapan dalam Jangkauanmu
Konsentrasi belajarmu dapat terpecah jika saat mengerjakan soal, kamu harus beranjak dari tempat duduk untuk mengambil bahan atau perlengkapan lain yang jauh letaknya. Oleh karena itu, kamu harus menata buku, berkas-berkas, dan perlengkapan lainnya enggak jauh dari meja belajarmu. Letakkan semua yang kamu butuhkan untuk mendukung aktivitas belajarmu, entah itu pensil, penghapus, stapler, dan lain sebagainya, dalam jangkauan tanganmu.

Kalau kamu mau belajar atau mengerjakan tugas sekolah di perpustakaan, pastikan kamu telah membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan.

Pusatkan Perhatian!
Beberapa penelitan mengenai cara belajar menunjukkan bahwa mereka yang mengerjakan banyak kegiatan pada saat yang bersamaan, cenderung melakukan pekerjaan dengan kurang maksimal. Berbeda dengan mereka yang fokus hanya pada satu kegiatan. Mereka akan melakukan pekerjaan lebih baik dan hasilnya pun lebih maksimal. So, kalau kamu melakukan banyak hal saat belajar, seperti mendengarkan musik, menonton TV, nelepon teman, atau chatting, maka hanya sedikit pelajaran yang dapat kamu serap.

Bukan berarti kamu harus belajar di tempat yang benar-benar sunyi. Hanya saja, kamu harus menghindarkan diri dari hal-hal yang mengganggu konsentrasimu. Siaran TV adalah hal yang sangat mengganggu, matikan saat kamu belajar. Akan tetapi, mendengarkan musik dapat membantu untuk berkonsentrasi, khususnya kamu yang terpaksa belajar di tempat yang berisik. Asalkan saja, musik yang kamu pilih adalah musik yang pas. Enggak malah merangsangmu untuk ikut menyanyikan lirik dan menari saat harus memfokuskan diri untuk mempelajari sejarah nasional.

Jika kamu menemukan dirimu membaca halaman yang sama berulang-ulang dan melakukan banyak kesalahan saat mencoba menjawab soal, itu menandakan bahwa musik yang kamu dengar sama sekali enggak membantu. Segera ganti dengan jenis musik yang lain.

Jika kamu menggunakan komputer untuk membuat laporan atau paper, dan menggunakan jaringan internet untuk riset mencari bahan-bahan, hindari godaan untuk surfing dan chatting. Atur waktu kamu untuk chating dan menjawab e-mail di luar waktu belajarmu. Setiap suara “ding” yang menunjukkan adanya pesan baru akan membuyarkan konsentrasimu untuk tetap fokus pada pelajaran. Pada jam belajar, matikan semua itu. Tetaplah fokus! Terlebih lagi kalau kamu sedang mengerjakan tugas dari pelajaran yang enggak terlalu kamu sukai.

Salah satu cara untuk menjaga konsentrasimu adalah menyisipkan waktu istirahat pada waktu belajar. Akan tetapi, buat terlebih dahulu penjadwalannya. Misalnya, beristirahatlah selama 15 menit setelah belajar selama 45 menit. Ini akan membantu menjaga pikiranmu tetap segar.

Saat waktu istirahat, ganti suasana dengan meninggalkan ruangan belajar atau melakukan olahraga ringan, menyanyi atau menari sesukamu, jalan-jalan dengan anjingmu, bermain gitar, telepon temanmu buat berhaha-hihi, dan lain sebagainya. Segeralah kembali ke pelajaranmu begitu waktu istirahatmu habis.

Hal yang normal bagi pikiran untuk mengembara. Jika pikiranmu tiba-tiba menerawang jauh, segera tarik kembali ke arah pelajaran. Namun, jangan bunuh lamunanmu. Beri ia ruang dengan menyediakan waktu khusus untuk menuliskannya di dalam buku harian, jurnal, blog, atau menjadi cerita fiksi.

Selain akan menyegarkan pikiranmu, suatu saat kamu akan mendapati semua yang telah kamu tuliskan itu menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi dirimu sendiri. Bahkan, banyak ABG menjadi ngetop setelah catatan-catatan lamunannya itu diedit menjadi novel dan diterbitkan.


Biar Sukses di sekolah
  • Ketahui deadline tugas-tugasmu.
  • Buat kalender tugas sekolahmu tahapan demi tahapan hingga batas waktu terakhir (deadline).
  • Masukkan kegiatan-kegiatan sosialmu ke dalam kalender itu.
  • Pahami setiap tugas dan tujuannya.
  • Aturlah ruang belajarmu agar tetap tenang.
  • Atur dengan baik waktu istirahatmu. Belajar terlalu lama tanpa istirahat juga enggak baik, lho.
  • Jangan tunda mengerjakan tugas-tugas sekolahmu sampai menit-menit terakhir. Pikiranmu akan terlalu tegang untuk dapat fokus mengerjakan tugas itu sehingga hasilnya enggak akan memuaskan.
  • Jangan mengerjakan PR kelewat malam atau di tempat tidur.
  • Jangan membiarkan dirimu bosan; temukan hal yang menarik dari setiap tugas yang sedang kamu kerjakan. Jika kamu mengalami kebosanan yang tidak dapat ditundukkan, berarti ada yang salah dalam cara belajarmu.

Jika kamu membutuhkan lebih banyak lagi tips untuk tetap fokus pada pelajaranmu, tanyakan pada guru atau orang taumu.



Sumber:Buku Pintar Cewek Pintar - Everything a Girl Must Know



Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*