Mulutmu (bukan) Harimaumu

0
Mulut adalah organ yang sangat penting, yang sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuhmu. Melalui mulut, zat makanan yang menyehatkan atau kuman yang merugikan masuk ke dalam tubuhmu. Sudah banyak banget riset membuktikan bahwa infeksi dapat menimbulkan penyakit jantung, paru-paru, dan diabetes. Jadi, kalau enggak terawat baik, mulut kamu dapat jadi harimaumu. Hiiiii….


Ada banyak faktor yang berkaitan dengan kesehatan mulut, tetapi yang paling banyak menyebabkan gangguan pada kesehatan mulut adalah kerusakan gigi. Kerusakan gigi sendiri disebabkan oleh banyak faktor, terutama adalah kombinasi antara makanan dan bakteri.

Sebenarnya, secara alamiah gigi dilindungi oleh lapisan yang disebut email. Lapisan ini sangat keras, bahkan termasuk yang paling keras dalam tubuh kita. Akan tetapi, sekeras-kerasnya email, ia dapat larut oleh senyawa asam. Jadi, kalau kamu sering mengonsumsi makanan yang menghasilkan senyawa asam, gigi kamu akan lebih mudah keropos.

Jenis makanan yang memicu kerusakan gigi adalah makanan yang mengandung pati. Jenis makanan ini gampang banget difermentasikan oleh bakteri mulut menjadi senyawa asam yang menyebabkan keroposnya gigi. Jenis makanan lainnya adalah sukrosa alias gula tebu. Gula tebu juga gampang banget difermentasikan oleh bakteri mulut menjadi makromolekul yang lengket di gigi. Makromolekul ini kemudian menumpuk menjadi timbunan plak yang menghalangi air ludah (saliva) mencuci asam-asam yang ada pada gigi. Inilah yang membuat gigi busuk dan berlubang.

Supaya Mulut Sehat!
  • Gosok gigi kamu sampai bersih dengan sikat yang lembut dua atau tiga kali setiap hari. Dengan menggosok gigi secara teratur, plak enggak sempat nempel di gigimu sehingga dapat mencegah kerusakan gigi. Lamanya menggosok gigi sebaiknya dua menit dan sebaiknya dilakukan sehabis makan.
  • Gosok lidahmu. Mulut mengandung berbagai bakteri dan beberapa jenis bakteri dapat tumbuh di lidah. Tumbuhnya bakteri tersebut menyebabkan napas berbau tak sedap.
  • Kurangi ngemil. Sebagian besar camilan mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Makanan jenis ini berpotensi sebagai makanan untuk pertumbuhan bakteri mulut. Dalam waktu sekitar 20 menit, setelah makan camilan, bakteri akan menghasilkan senyawa asam, seperti asetat, format, dan laktat yang menyerang email gigi. Semakin sering kamu ngemil, semakin banyak waktu kontak senyawa asam dengan gigimu. Hal ini enggak baik buat kesehatan gigi. Segera berkumur sehabis ngemil!
  • Kurangi minuman bersoda sebab gula di dalam minuman bersoda dapat menjadi nutrisi yang baik untuk pertumbuhan bakteri di mulut. Asam sitrat dan fosfat yang terdapat dalam minuman bersoda bersifat sangat asam. Keduanya dapat menggerus akar dan email gigi.
  • Kunyahlah permen karet, tetapi yang bahan pemanisnya dari xilitol. Xilitol adalah kelompok gula alkohol yang dapat mencegah karies atau kerusakan gigi.
  • Usahakan menggunakan dental flosh atau benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.
  • Kontrol gigi dan mulutmu ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, meskipun kamu enggak ada masalah dengan gigi.

Cara Menggosok Gigi
Tekan bulu sikat gigi pada gigi dengan lengan membentuk sudut 45 derajat terhadap gusi. Sikatlah dengan arah memutar selama tiga menit. Pilih sikat gigi yang bulunya terbuat dari nylon dengan kepala kecil sampai menengah. Kamu juga dapat menggunakan sikat gigi elektrik yang sangat efektif untuk membersihkan gigi dan lebih mudah digunakan. Gigi kamu akan sangat bersih kalau menggosok gigi menggunakan sikat gigi jenis ini.



Sumber: Buku Pintar Cewek Pintar - Everything a Girl Must Know

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*