Fakta Seputar Ketombe

0
Berikut ini adalah penjelasan Dr Rodney Sinclair, pimpinan “The Australian Hair and Wool Research Society”, yang juga dosen senior dermatologis di Universitas Melbourne, menanggapi pemahaman salah mengenai ketombe.

Benarkah ketombe menular?
Ketombe bukanlah suatu penyakit ataupun virus. Kamu enggak akan tertular ketombe dengan saling bertukar atau meminjam sisir dan bantal. Serpihan yang tampak pada rambut adalah sel kulit mati yang dihasilkan oleh jamur mallassezia.

Apakah ketombe dapat disembuhkan?
Sampai saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang menemukan obat penyembuh ketombe. Obat-obatan yang ada hanya berfungsi membantu para penderita ketombe mengatasi efek sampingnya, yaitu dengan mengontrol jamur mallassezia penyebab ketombe. Sampo anti-ketombe yang mengandung formula smart Zinc Pyrithione (smart ZPT) terbukti mampu menghilangkan efek samping yang tampak sampai dengan 100% (kulit kepala kering, gatal, dan serpihan ketombe).

Benarkah ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering?
Justru, ketombe yang menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Penyebab ketombe adalah mallassezia, yaitu jamur mikroskopis yang ada pada kulit kepala. Jamur ini hidup dari minyak alami kulit, yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala, dan meningkatkan pengelupasan sel kulit tua. Hal itu menyebabkan kulit kepala kering dan gatal.

Benarkah stres menyebabkan ketombe?
Ketombe tidak disebabkan oleh stres. Memang, stres dapat memperbanyak ketombe karena stres memengaruhi kemampuan tubuh kita melawan ketombe.

Benarkah ketombe timbul karena kulit kepala enggak bersih?
Walaupun kulit kepala yang kotor dapat memperbanyak produksi ketombe, hal itu enggak menyebabkan terjadinya ketombe. Oleh karena itu, meskipun penderita ketombe rajin keramas dengan sampo anti-ketombe, bukan berarti dapat menyembuhkan ketombe.

Benarkah ketombe disebabkan oleh sirkulasi darah yang kurang lancar, kurangnya stimulasi syaraf, dan gangguan kelenjar?
Ketombe tidak disebabkan oleh ketiga hal itu, tetapi disebabkan oleh jamur mallassezia yang hidup dari sebum pada kulit kepala. Perubahan hormon pada masa puber menstimulasi kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum. Oleh karena itu, ketombe akan mulai muncul pada awal masa puber.

Benarkah rambut berminyak menyebabkan ketombe?
Memang, penderita ketombe kebanyakan memiliki rambut berminyak, tetapi bukan berarti semua orang yang memiliki rambut berminyak pasti berketombe.

Benarkah cara tepat mengatasi ketombe di antaranya dengan pemakaian teratur sampo lembut, pengurutan kulit kepala secara teratur, pemakaian lotion antiseptik setiap hari, dan pemakaian ramuan untuk kulit kepala?
Cara yang paling tepat adalah dengan mengatasi penyebabnya. Keramas setiap hari dengan sampo antiketombe yang mengandung formula smart Zinc Pyrithione (smart ZPT) akan efektif mengatasi penyebab ketombe dan menghilangkan efek samping dari ketombe.

Benarkah ketombe hanya dapat diatasi oleh dokter?
Pada beberapa kasus, yang sangat jarang, atau pada penderita ketombe, yang sangat parah, memang direkomendasikan untuk berobat kedokter. Akan tetapi, pada umumnya ketombe dapat diatasi dengan pemakaian sampo antiketombe.

Benarkah sampo antiketombe sangat keras dan dapat merusak rambut?
Saat ini, sampo antiketombe yang tepat dan bermutu baik, tidak saja mengatasi efek samping dari ketombe, tetapi juga membuat rambut terasa bersih, lembut, dan mudah diatur. Sampo antiketombe yang telah diuji coba, memang dirancang untuk digunakan setiap hari. Formula yang mengandung 1% ZPT sangat efektif sekaligus lembut untuk pemakaian teratur.

Kalau ketombe bandel, keramaslah dengan air cuka. Kemudian, keramas lagi dengan sampo dan bilas hingga bau asamnya hilang. Setelah itu, baru gunakan conditioner…

Sumber: Buku Pintar Cewek Pintar - Everything a Girl Must Know


Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*