Rambut yang Ini, Bukan di Kepala

0
Begitu memasuki masa puber, perubahan lain yang terjadi dalam tubuh kamu adalah pertumbuhan rambut. Namun, pertumbuhannya bukan di kepala, melainkan di ketiak dan sekitar kemaluanmu. Rambut-rambut itu juga sering tumbuh di kaki.

Banyaknya rambut yang tumbuh di ketiak dan sekitar kemaluan itu ditentukan oleh faktor keturunan dan hormonal. Jadi, tiap orang berbeda-beda. Mula-mula, rambut itu terlihat tipis halus. Lama-kelamaaan, rambut-rambut tersebut semakin tebal dan mengeras.

Sejauh ini, tak banyak ulasan mengenai fungsi rambut ketiak dan rambut kemaluan. Meski diketahui bahwa secara alamiah fungsi rambut dan bulu adalah untuk melindungi tubuh dari cuaca dan tantangan alami lain. Coba, deh perhatikan, pertumbuhan rambut-rambutmu pasti lebih cepat kalau kamu berada di daerah udara yang jauh lebih dingin daripada yang biasa kamu hadapi.

Ada anggapan salah yang beredar, yang mengatakan bahwa cewek yang bulu tubuhnya tumbuh subur tandanya punya dorongan seks yang tinggi. Anggapan ngawur kayak gitu suka bikin cewek-cewek, yang di tangan dan kakinya berambut agak lebat, sibuk mencukur dan menghilangkan rambut-rambut itu. Mereka malu memakai baju berlengan pendek, takut rambut-rambut tubuhnya kelihatan orang lain, yang mungkin menganggapnya sebagai ”cewek gampangan”.

Sekali lagi, anggapan itu ngawur. Jadi, bagi kamu yang punya tubuh ditumbuhi banyak rambut, jangan malu dan bingung. Selama enggak mengganggu kesehatan, dan tumbuhnya masih dalam batas yang wajar, cuekin aja.

Memang, sih, rambut yang terlalu lebat, terutama yang tumbuh di ketiak dan kemaluan, dapat membuat tubuh kita kepanasan dan mengeluarkan keringat yang berlebihan sehingga tubuh kita jadi lembab. Tubuh yang lembab mengundang jamur dan bakteri untuk berkembang biak dan menyebarkan BB.

Untuk menghindari hal itu, cukur habis atau rapikan rambut di ketiak dan di kemaluanmu.

Apakah rambut di kemaluan ada hubungannya dengan kesuburan seseorang? (Winnie–14 tahun)
Rambut di kemaluan enggak langsung berhubungan dengan kesuburan. Jadi, lebat tidaknya rambut kemaluan tergantung dari jumlah folikel rambut yang ada pada daerah kelamin. Jadi, bukan tanda subur atau enggaknya seseorang.

Rambut kemaluan dan ketiakku lebat banget. Kayaknya, enggak wajar, deh, untuk remaja seusiaku. Gimana, sih, cara ngilanginnya, yang enggak sakit? Ada, enggak, obatnya? (Lia–18 tahun)
Banyaknya rambut yang tumbuh di tubuhmu berkaitan dengan faktor keturunan dan hormonal. Enggak usah malu, Itu bukan kekurangan. Banyak juga, kok, orang-orang yang dikaruniai rambut tubuh lebat seperti kamu.

Jadi, kamu enggak perlu nyiksa diri dengan berusaha ngilangin rambut-rambut itu. Obat-obatan untuk ngilangin rambut yang banyak dijual di pasaran belum tentu produk yang aman. Kalau kamu ngerasa kurang nyaman, cukur aja dengan teratur.

Saat ini, aku ngerasa minder banget karena di tubuhku tumbuh banyak rambut. Enggak hanya di ketiak dan di kemaluan, juga di dada, punggung juga di wajah. Normal enggak, sih? (Inge–15 tahun)
Kasus kamu mungkin termasuk hirsutisme, yaitu keadaan tumbuhnya rambut secara berlebihan di muka, dada, dan punggung. Cewek yang mengalami hirsutisme, wajah, dada, dan punggungnya ditumbuhi bulu berwarna gelap, yang berbeda dengan rambut-rambut halus yang biasa tumbuh di atas bibir, pipi, dan di seluruh tubuh.

Menurut ahli, hirsutisme terjadi karena folikel rambut yang sangat sensitif terhadap hormon jantan, yaitu hormon androgen. Atau, dapat juga disebabkan karena meningkatnya kadar hormon ini dalam tubuh pemiliknya yang dipicu oleh adanya tumor.

Kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter, apalagi bila disertai dengan menstruasi yang enggak teratur atau enggak menstruasi sama sekali.

Benarkah mencukur rambut ketiak justru akan membuatnya tumbuh lebih lebat dari sebelumnya? Bagaimana, sih, cara yang baik untuk membersihkan ketiak dari rambut? (Eka–17 tahun)

Pernyataan bahwa mencukur rambut akan menambah lebat pertumbuhan rambut tersebut, sebenarnya hanyalah mitos. Rambut tumbuh dari bawah ke atas sehingga bentuknya dari pangkal ke ujung semakin mengecil. Jika kita terbiasa mencukur rambut, ujungnya yang kecil akan hilang dan rambut terlihat lebih tebal. Hal itu membuat banyak orang berpendapat bahwa rambut semakin lebat, padahal hanya bertambah tebal saja.

Mencukur rambut ketiak dapat dilakukan dengan bermacam cara. Ada yang memakai pisau cukur, gunting, dicabut dengan pinset, wax, sampai yang lebih canggih dengan laser maupun obat-obatan khusus. Dalam hal ini, jika rambut kita cukur dengan gunting, akan lebih cepat panjang kembali karena kita memotong hanya sampai pangkalnya di kulit. Sementara, kalau kita mencabutnya, dapat dengan pinset, wax, dan lain-lain, ini lebih tahan lama karena rambut terputus di pangkalnya dekat akar rambut di dalam kulit sehingga otomatis pertumbuhannya akan lebih lama terlihat.

Waxing adalah salah satu metode mencabut rambut dengan memakai sejenis lilin khusus. Caranya, lilin ini ketika masih cair dioleskan di kulit yang akan dicabut rambutnya. Kemudian, setelah kering, lilin ini ditarik dengan cepat sehingga rambut di daerah tersebut tercabut semua bersama lilin itu. Metode ini banyak diminati oleh perempuan karena hasilnya kulit terlihat bersih dan tumbuhnya rambut relatif lebih lama dibandingkan dengan dicukur.

Metode yang terbaru memang bermacam-macam, antara lain sinar laser dan obat-obatan khusus. Metode baru ini tentu saja relatif lebih mahal sehingga harus dipikirkan juga dari sisi biayanya. Sejauh ini, sinar laser memang dianggap menyebabkan kanker, tetapi jika digunakan dengan tepat dan dosis yang dibatasi keamanannya, sinar laser banyak kegunaannya juga.

Ada enggak, sih, obat yang dapat menghilangkan rambut di ketiak atau di betis untuk selamanya?(Wati–14 tahun)
Banyak obat untuk menghentikan pertumbuhan rambut yang beredar di pasaran. Namun, sejauh ini, belum ada jaminan keberhasilan dan keamanannya. Jadi, berhati-hatilah. Kalau kamu ingin menghilangkan rambut di bagian tertentu tubuhmu, pakailah cara-cara yang kamu yakini keamanannya.

Rambut vagina mulai tumbuh saat kita berusia berapa? Sudah kuliah, kok, kemaluanku masih bersih aja? (Naya–19 tahun)
Pada umumnya, rambut kemaluan tumbuh ketika seseorang menginjak pubertas, sekitar usia 10—13 tahun. Akan tetapi, itu semua tergantung pada kondisi hormonal individu masing-masing.


Sumber: Buku Pintar Cewek Pintar - Everything a Girl Must Know


Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*