Tubuh dan Makanan

0
Sebagaimana citra payudara indah, citra tubuh indah begitu kuat dibentuk oleh media massa. Di TV, surat kabar, atau majalah, banyak banget iklan untuk melangsingkan tubuh. Para model semuanya berbadan tipis. Mereka memeragakan mode-mode pakaian yang kemudian jadi tren. Seleb yang berparas cantik enggak dianggap oke kalau enggak punya badan yang langsing. Semua itu membuat banyak ABG tergiur dan mati-matian membentuk tubuhnya menjadi superkurus dengan diet yang superketat.


Diet, Perlu, Enggak, Sih?
Pada masa puber, pembesaran dan pelebaran bagian tubuh cewek seperti pada pinggul, bokong, dan payudara adalah sesuatu yang alami. Pembesaran dan pelebaran itulah yang menandai bahwa tubuh kita telah berubah menjadi tubuh cewek dewasa. Tentu saja, perubahan itu membuat tubuh kita melar. Dan, itu wajar!

Oke, supaya kamu enggak bingung dengan tubuh yang tiba-tiba melar itu, ukurlah tinggi badanmu. Hasilnya, kurangi 110. Itulah berat badan idealmu. Jadi, jika tinggi badan kamu 167 cm, berat badan ideal kamu adalah 57 kg. Kalau ternyata berat badanmu lebih sekilo-dua kilo dari berat badan ideal, enggak usah panik. Enggak perlu langsung pontang-panting melakukan diet superketat untuk membentuk tubuh jadi kurus kayak para model di majalah atau di TV itu! Salah-salah, malah dapat berakibat fatal!

Hal yang lebih enggak perlu lagi, meskipun berat badan kamu tergolong ideal, kamu berdiet superketat hanya karena ingin tampil kurus seperti para model yang di TV dan majalah itu. Itu hanya buang waktu dan tenaga. Hasilnya justru dapat jadi buruk. Soalnya, kekurangan nutrisi dalam jenis dan jumlah yang tepat dapat mengganggu pertumbuhan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Diet Berbahaya
  • Diet yang menganjurkan kamu mengonsumsi jauh lebih sedikit kalori dari yang kita butuhkan setiap hari. Ingat, rata-rata cewek usia 11—18 tahun memerlukan 2200 kalori per hari. Makin aktif, kamu akan membutuhkan makin banyak kalori.
  • Diet yang enggak memperbolehkan kamu mengonsumsi lemak sama sekali. Ingat, tubuh kamu membutuhkan lemak. Diet rendah lemak jauh lebih baik daripada diet tanpa lemak sama sekali.
  • Diet yang membatasi kamu hanya mengonsumsi buah dan sayur, dan sama sekali enggak boleh makan karbohidrat. Ini enggak bagus! Kebutuhan tubuh kamu terhadap vitamin dan mineral enggak bakal tercukupi hanya dengan makan buah dan sayur saja.

Lakukan!
  • Makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur dalam porsi yang wajar. Hal ini akan membantu kamu menurunkan berat badan dan tetap tumbuh secara normal.
  • Kalau kamu benar-benar merasa terlalu gemuk dan ingin berdiet untuk menguruskan badan, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Kalau menurut mereka kamu memang perlu menurunkan berat, mereka akan dapat membantumu untuk mencapai berat badan yang sehat dengan cara yang tepat.

Sumber: Buku Pintar Cewek Pintar - Everything a Girl Must Know

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*