Makanlah dengan Cerdas

0
Pola makan yang sehat haruslah bersifat membangun tenaga; menyediakan tenaga; membentuk karbohidrat dan protein serta lemak di dalam tubuh.
Berikut ini, rasio yang sehat dalam mengonsumsi karbohidrat (60 persen), protein (20 persen), dan lemak (15 persen).

Piramida Makanan
Coba bayangkan semua makanan yang pernah kamu makan. Pastinya, ada beberapa makanan yang kamu rasakan lebih enak dibanding yang lainnya. Pastinya juga, ada beberapa makanan yang kamu rasa “mengerikan” karena menurutmu makanan jenis itu akan membuat tubuhmu gemuk, atau kulitmu jerawatan, atau keringatmu bau, dan sebagainya. Kemudian, kamu lebih menyukai beberapa makanan yang menurut kamu enak dan enggak “horor”.

Namun, tubuhmu membutuhkan beragam jenis makanan yang baik untuk tetap sehat. Jadi, kamu harus mendapat beragam jenis makanan yang sehat dengan takaran yang tepat. Salah satu cara mudah untuk mengetahui hal itu adalah dengan piramida makanan. Piramida makanan akan memudahkanmu mengatur jenis dan jumlah makanan yang harus kamu makan sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitasmu.

Piramida makanan membagai makanan menjadi enam kelompok, yaitu sebagai berikut.

- Roti, cereal, nasi, pasta, gandum > 6–11 bagian
- Sayur-mayur > 3–5 bagian
- Buah-buahan > 2— 4 bagian
- Susu, mentega, keju > 2–3 bagian
- Daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, telur > 2–3 bagian
- Minyak, lemak, gula > gunakan sebagai pelengkap.

Menjaga Berat & Kebugaran Badan
  • Berolahragalah dengan teratur. Selain untuk menjaga berat badan, olahraga juga baik untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Olahraga juga memperlancar sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh dan otak sehingga tubuh dan pikiranmu selalu segar.
  • Minum susu. Susu tidak akan membuatmu lebih gemuk. Segelas susu rendah lemak hanya mengandung 80 kalori dan sekaligus mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang pada masa remajamu (bandingkan dengan 120 kalori dari softdrink, hanya berisi gula, tanpa kalsium dan protein).
  • Makan makanan yang bervariasi, termasuk banyak sayur dan buah. Hal ini penting agar kebutuhan tubuhmu terhadap berbagai nutrisi terpenuhi.
  • Minum banyak air putih, sedikitnya delapan gelas sehari dan kurangi minum yang manis-manis, seperti sirup, teh botol, dan soda/softdrink.
  • Makan daging yang rendah lemak dan tinggi protein, seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulitnya, ikan, serta kacang-kacangan.
  • Makanlah makanan yang mengandung zat besi, serat, dan vitamin B.
  • Sempatkan sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa makan pagi dapat membuat kita belajar lebih baik di sekolah dan makan lebih sedikit sepanjang hari. Sebaliknya, tidak sarapan justru dapat menaikkan berat badan karena tubuh menurunkan metabolismenya untuk menyimpan tenaga.
  • Jangan menggunakan obat-obatan untuk berdiet, kecuali kalau kita memang dalam pengawasan dokter.
  • Cewek kehilangan banyak zat besi selama masa menstruasi. Oleh karena itu, pada masa haid kamu harus lebih cermat dalam mengatur kandungan nutrisi yang kamu konsumsi.


Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*